Rabu, 24 September 2008

Ketrampilan Komunikasi Efektif Article Index Ketrampilan Komunikasi Efektif

Ketrampilan Komunikasi Efektif
Article Index
Ketrampilan Komunikasi Efektif



”Communication is the key to success”, sebuah pernyataan yang seringkali kita dengar, namun masih banyak yang gagal dalam menerapkannya. Berbagai alasan yang dikemukakan, mulai dari ketidakpercayaan diri, ketidaksempurnaan pengucapan (artikulasi) sampai dengan penampilan fisik yang tidak memadai.

I. Verbal Communication

Communicate effectively

Banyak cara mengasah kemampuan berkomunikasi. Cobalah belajar terus bagaimana memberikan instruksi kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Jika apa yang dilakukan orang tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita maksud, maka terdapat dua kemungkinan, pertama instruksi kita tidak jelas atau ambigious (mengandung makna ganda) kedua, orang tersebubt yang kurang cerdas untuk mengikuti perintah kita. Maka untuk menajamkan komunikasi yang efektif kita perlu belajar bagaimana membuat setiap artikulasi kita jelas dan bermakna tunggal sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Bila terdapat lebih dari satu pesan yang ingin disampaikan, lakukanlah dengan memberi urut-urutan agar uraian menjadi lebih jelas, misalnya dimulai dari urutan pertama, kedua, dan seterusnya.

Good communication erases life matters

Komunikasi yang didasari dengan pengertian yang baik dan bijaksana akan menghapus segala persoalan hidup. Kesalahpahaman dan pertikaian hanya dapat diselesaikan melalui komunikasi, dengan tutur kata yang sopan dan lemah lembut. Sehingga tidaklah terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa komunikasi adalah obat mujarab bagi segala persoalan.

Simplify your words

Agar komunikasi lancar, bahasa dan segala istilah teknis harus dapat disederhanakan sedemikian rupa agar pendengar atau siapa saja yang sedang melakukan percakapan dengan kita dapat menangkap essensi kalimat kita. Jangan merasa bangga melihat orang yang kita ajak bicara menjadi mengerenyitkan dahi. So, tidak perlu show off melalui penggunaan kata-kata keren namun membingungkan.

Tidak ada komentar: